Kamis, 04 Februari 2016

Pengertian dan cara kerja sharing printer

sharing printer (printer sharing) adalah pemakaian sumber daya (dalam hal ini printer) secara bersama, jadi dengan satu printer di dalam suatu network kita dapat memanfaatkannya secara bersama-sama.

Cara melakukan pengaturan printer sharing yaitu :
1. Melakukan pengaturan pada komputer yang terhubung langsung dengan printer, kita sebut komputer ini sebagai komputer server, dari komputer ini printer akan kita sharing ke komputer lainnya.

Cara yang kita lakukan yaitu :
a. Pastikan printer telah terinstall dengan baik di komputer yang akan menjadi server.
b. Klik Start kemudian pilih Printers and Faxes :


   
c. Klik kanan ikon pada ikon printer yang kana kita sharing, contoh :


d. Setelah kita klik kanan maka akan muncul tampilan jendela properties dari printer tersebut, kemudian kita pilih Tab Sharing, pada check box share this printer kita isikan nama printer yang akan kita sharing, usahakan nama yang diberikan unik dan menjelaskan jenis printer agar jika suatu saat kita menginstal lebih dari satu printer lebih mudah membedakannya, kemudian klik Apply dan Ok, pengaturan pada server sudah selesai, berikut ini tampilannya:

2. Pengaturan pada komputer client atau user antara lain :
a. Pada langkah ini sama dengan langkah pertama pada pengaturan sebagai server, yaitu kita klik Start kemudian kita pilih Printers and Faxes, kemudian kita klik Add a Printer :

b. Setelah kita klik Add a printer akan muncul jendela Add Printer Wizard , dan kita Next ,berikut ini tampilannya :

c. Kemudian kita pilih A network printer or a printer attached to another printer setelah itu klik Next :

d. Untuk melakukan pencarian secara otomatis printer yang terkoneksi di jaringan kita pilih Browse a printer dan klik Next

e. Selanjutnya kita pilih komputer client akan terhubung ke komputer server yang mana, sebagai contoh saya akan menghubungkan komputer yang saya gunakan ke WORKGROUP nama komputer server nya VIZAY dan jenis printernya Canon iP1300, kemudian klik Next

f. Berikutnya pilih Yes jika kita akan menjadikan printer tersebut menjadi printer utama dan jika tidak maka pilih No, setelah itu klik Next dan akan muncul tampilan akhir dari proses ini dan klik Finish.

g. Selesai sudah pengaturan Print Sharing, pada jendela Printers and Faxes akan muncul ikon printer sebagai berikut :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar